Flowchart



A. Pengertian

Flowchart adalah representasi grafik dari langkah-langkah yang harus diikuti dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang terdiri atas sekumpulan simbol, dimana masing-masing simbol merepresentasikan suatu kegiatan tertentu. Flowchart diawali dengan penerimaan input, pemrosesan input, dan diakhiri dengan penampilan output. Flowchart merupakan bagan yang menggambarkan urutan logika dari suatu prosedur pemecahan masalah atau suatu diagram yang menggambarkan susunan logika suatu program

Simbol-simbol yang digunakan adalah sebagai berikut:

B. Struktur

Flowchart terdiri dari 3 struktur:

Struktur Sequence / Sederhana

Diagram yang alurnya mengalir secara berurutan dari atas ke bawah atau dengan kata lain tidak adanya percabangan atau pengulangan.

Bentuk flowchart tersebut seperti:

Contoh dari flowchart dengan struktur sequence ini seperti algoritma untuk menghitung luas segitiga, luas persegi panjang, luas lingkaran.

Struktur Branching / Percabangan

Diagram yg alurnya terjadi/terdapat alih kontrol berupa percabangan.

Flowchart dengan stuktur percabangan digunakan untuk meyeleksi kondisi dan menentukan pilihan proses selanjutnya.

Bentuk flowchart tersebut seperti :

Flowchart Branching

contoh : flowchart dari algoritma menentukan apakah bilangan yang dimasukan ganjil atau genap

Struktur Looping / Perulangan

Flowchart dengan Struktur perulangan digunakan untuk mengulangi langkah-langkah sebelumnya sampai suatu kondisi terpenuhi.

Bentuk flowchart tersebut seperti:

Flowchart Looping

Contoh dari flowchart ini misalnya algoritma untuk menentukan bilangan ganjil dibawah nilai 20. Sehingga proses mencetak bilangan tersebut akan dilakukan sampai kondisi terpenuhi yaitu 20.